Saturday, April 7, 2007

Semalam di Cianjur

Kan ku ingat.. di dalam hatiku
Betapa indah semalam di Cianjur
Janji kasih.. yang tlah kau ucapkan
Penuh kenangan yang tak terlupakan

Tapi sayang.. hanya semalam
Berat rasa.. perpisahan
Namunku telah berjanji
Di suatu waktu kita bertemu lagi

Cianjur salah satu kabupaten di wilayah Propinsi Jawa Barat berpenduduk 1.931.480 jiwa terdiri dari penduduk laki-laki sebanyak 982.164 jiwa dan perempuan 949.676 jiwa dnegan laju pertumbuhan penduduk 1,48 %. Cianjur adalah sebuah kota kecil (60km dari Bandung), sebuah kota yang sangat dikenal sebagai tanah sunda yang tua, tidak heran kalau musik sunda sendu disebut "cianjuran". Kota kecil ini sejak lama dijadikan transit para pelancong Jakarta - Bandung. Kita semua tahu bahwa perjalanan Jakarta - Bandung saat itu bisa ditempuh hanya dalam waktu 4 - 5 jam tanpa jalan tol. Artinya perjalanan ini bukan rute yang harus bermalam di jalan. Tidak lah heran kalau di Cianjur sedikit sekali penginapan.

Kembali ke lagu di atas adalah lirik lagu "Semalam Di Cianjur" dinyanyikan oleh Alfian. Kalau kita perhatikan lirik lagu yang satu ini kayaknya si pelantun lagu sedang dalam perjalanan, entah dari atau ke Bandung / Jakarta. Inti dari lagu tersebut adalah si pelantun ini mendapatkan kisah romantis di Cianjur.

Penekanan pada judul "Semalam" bisa bermakna ganda : se-malam dalam arti tadi malam, atau se-malam dari arti satu malam. Untuk lagu ini jika diperhatikan secara keseluruhan maka artinya : satu malam.

Ada apa dengan semalam? mengapa bisa "indah"? Sekedar janji kasih? mmm.. rasa-rasanya tidak segitunya deh cuma janji kasih aja butuh semalaman. Apalagi bisa sampai "kenangan yang tak terlupakan". Menurut analisa saya sih, si pelantun ini nginep bersama seorang gadis yang bertemu di Cianjur, akhirnya dia spend the night di Cianjur karena keesokan harinya harus pergi lagi. Apakah tidak mungkin kalau wanita itu teman seperjalanan? Rasanya tidak karena kalimat: "Namunku telah berjanji - Di suatu waktu kita bertemu lagi". Kalau memang teman seperjalanan ya ketemu terus kan.

Lagu ini diciptakan oleh Tetty Kadi sekitar tahun 60-an. Jika merunut pada masa itu, berarti ide lagu ini berceritakan tentang hubungan kasih yang cuma semalam, dengan mengambil istilah sekarang: "one night stand".

Gimana menurut Anda?

2 comments:

Ginan Nuruzaman Asidiqi said...

Baru aja semalam di Cianjurnya apalagi 2 Malam.....Bushettttttt enak kalie yach
ke Cianjur ach>>>mo bikin lagu baru (seminggu di Cianjur)

deli said...

gin kumaha damang. nuhun ya walau hanya semalanm emang berkesan manga ah pami ingat deli tong hilap kirim pesan ka deli_aral@yahoo.com