Saturday, April 7, 2007

Kristenisasi Menyerbu Kampus


Oleh: Herry Nurdi

Kristenisasi di berbagai kampus perguruan tinggi muncul menyeruak. Tapi seperti gunung es, kasus yang nampak sesungguhnya lebih kecil dari apa yang terjadi.

Sebut saja namanya Adam. Ia mahasiswa cerdas asal Sumatera Barat yang lulus ujian saringan masuk ke Institut Pertanian Bogor. Ia berasal dari sebuah keluarga yang sederhana. Untuk membiayai sekolahnya saja, ada banyak hal yang harus dikorbankan keluarga Adam di kampung halaman.

Di kampusnya, Adam terbilang mahasiswa yang cukup berprestasi. Sampai suatu ketika, ia terjebak dalam sebuah situasi yang membuatnya benar-benar tak berdaya. Adam terbelit urusan dengan jaringan NII yang memang diketahui banyak bermasalah. Seperti kasus-kasus yang lain, NII meminta Adam memberikan infaq dengan jumlah yang terbilang besar untuk ukurannya. Menghadapi situasi seperti ini, meminta bantuan pada orangtua di kampung halaman jelas bukan sebuah pilihan. Alhasil, Adam hanya bisa melamun dan kebingungan.

Pada kondisi seperti itu, tiba-tiba ada seorang mahasiswi Kristen yang menawarkan bantuan kepada Adam dengan segala keramahannya. Tentu saja ia menjelma bak dewa penolong di mata Adam. Tapi ujung dari pertolongan itu membuat Adam seperti terlepas dari mulut harimau, jatuh ke moncong srigala. Ia terjebak dan terkepung dalam usaha Kristenisasi yang mengincar mahasiswa di berbagai kampus.

Awalnya, sang mahasiswi Kristen tampil dengan performance penuh kasih dan penolong. Penampilan seperti itu membuat Adam sedikit demi sedikit bergeser dari simpati menjadi akrab dan tak berjarak. Singkat cerita, Adam pun pindah tempat kos ke lingkungan mahasiswa Kristen di dekat kampus IPB Darmaga, Bogor. Merasa mangsa sudah masuk dalam jebakan, usaha pun kian digalakkan. Tak hanya berpindah tempat kos, Adam bahkan sempat disekap selama lebih dari tiga bulan.

Dalam penyekapan ini, otak Adam benar-benar dicuci. Doktrin-doktrin Kristus dan Injil menjadi santapan sehari-hari. Sedangkan akidah dan ajaran Islam di benak Adam, hilang entah ke mana. Tak hanya didoktrin dan dicuci otaknya, dalam penyekapan ini pun Adam mendapat perlakuan tak senonoh dari orang-orang yang menyebut dirinya “penyelamat domba-domba”. Adam disodomi, entah berapa kali.

Selepas dari penyekapan, Adam benar-benar menjadi “manusia baru”. Ia tak hanya berpindah agama, tapi sudah menjadi penginjil yang militan. Sebagai penginjil baru, beberapa kampus sempat menjadi ladang misinya. Ia sempat menjalankan tugas di Universitas Diponegoro, Universitas Jenderal Sudirman, Surabaya, Malang dan beberapa universitas lain di Pulau Jawa.

Tapi alhamdulillah, kini Adam telah insaf. Ia mendapat hidayah Allah dan kembali pada jalan yang benar. Kini ia kembali dan menetap di kampung halaman, Sumatera Barat.

Lain Adam, lain lagi yang dialami Rahmi, juga bukan nama sebenarnya. Rahmi adalah mahasiswi tingkat akhir di salah satu perguruan tinggi yang terkenal dengan pendidikan ilmu komputernya di daerah Depok. Suatu ketika, Rahmi diajak mojok oleh seorang mahasiswa Kristen yang ia kenal. Mahasiswa tersebut ngobrol dan menyediakan diri sebagai tempat curhat dan bercerita tentang masalah dan problem yang dihadapi Rahmi. Tapi lama-lama, acara curhat jadi sebuah diskusi tentang agama dan ketuhanan. “Saya lama-lama seperti dihipnotis oleh mahasiswa Kristen itu,” ujar Rahmi pada SABILI.

Pertemuan pertama dilanjut dengan beberapa pertemuan lainnya. Dan akhirnya, dibaptislah Rahmi. Proses pembaptisan itu sendiri dilakukan oleh seorang mahasiswa yang diawasi oleh seorang seniornya. Menurut Rahmi, senior tersebut bertugas memastikan sang junior tak mengalami masalah.

Setelah dianggap telah menjadi seorang Kristiani, Rahmi beberapa kali diajak untuk mengikuti kebaktian dan pembekalan. Mendengarkan ceramah dan kaset-kaset berisi lagu rohani menjadi program dari pemantapan iman yang dijalani Rahmi. Sejak itu, Rahmi menjadi asing dengan teman-temannya yang Muslim, bahkan dengan orangtuanya sendiri.

Masih menurut Rahmi, selain dirinya ada lima teman sekampus yang ia kenal telah berpindah agama. “Lima orang tersebut, termasuk saya, dibaptis oleh satu orang. Jika satu orang mampu membaptis lima orang, saya tidak bisa membayangkan berapa yang sudah mereka baptis jika mempunyai tenaga lebih dari 50 orang,” ujar Rahmi ngeri.

Seperti Adam, Rahmi telah diselamatkan Allah dan kembali memeluk Islam. Tapi sayang, tidak dengan empat orang lainnya. Menurut Rahmi, sebenarnya tidak empat orang yang ia kenal. Ia bercerita, dirinya sempat memergoki daftar nama mahasiswa Muslim yang telah menjadi target dan incaran mereka. Rahmi tak bisa menyebutkan jumlahnya. “Yang jelas banyak banget,” katanya.

Yang membuat Rahmi gerah, para pelaku pemurtadan itu seolah punya keberanian lebih yang luar biasa. “Orang yang membaptis saya hingga saat ini masih berkeliaran di kampus dengan bebasnya. Mereka berlindung di dalam organisasi keagamaan yang ada di kampus,” terang Rahmi.

Masih di Jakarta. Sebuah kampus di bilangan Senayan, Jakarta Selatan, konon disebut-sebut sebagai sasaran besar yang mahasiswanya menjadi incaran pemurtadan. Sama dengan dua nama sebelumnya, korban pemurtadan di kampus swasta yang terbilang favorit meminta SABILI untuk merahasiakan identitasnya. Sebut saja wanita berumur 26 tahun dengan nama Wati.

Kisah Wati berawal dari masalah keluarga yang ia hadapi. Saat ia menghadapi masalah di dalam keluarganya, ia membutuhkan teman untuk berbagi cerita. Seorang teman pria Wati yang dikenal sebagai seorang Katolik taat, menjadi tempat untuk bercerita. Berawal dari curhat-curhatan, lama-lama hubungan keduanya bertambah akrab. Keakraban ini membuat Wati memilih tinggal di sebuah tempat kos dekat sang pria dan tidak lagi tinggal di rumah orangtuanya.

Beberapa bulan tinggal berdekatan, pria Katolik tersebut banyak mengenalkan Wati dengan teman-temannya. Mereka berdiskusi tentang agama, tentang tuhan, dan tentang doktrin-doktrin Katolik. Akhirnya, pendek kata, Wati jadi hidup serumah dengan sang pria. Layaknya suami-istri, itulah kehidupan baru yang dijalani Wati.

Selama proses tersebut, tak sedikitpun Wati memberi kabar keberadaannya pada orangtua. Wati menjalani proses bina iman, yang disebut dengan Katekis di sebuah gereja di daerah Slipi. Akhir dari semua proses tersebut, 8 Maret 2002 silam, Wati menemui orangtuanya yang tinggal di bilangan Tebet, Jakarta Selatan untuk meminta izin nikah dan pindah agama. Sang ibu tentu saja shock berat mendengar itu semua dan tak menyetujui niat Wati.

Akhir Oktober tahun lalu, Wati dibaptis dan dinikahkan dalam keadaan hamil di paroki tempatnya dibina. Bahkan menurut pengakuan Wati, kini ia menjalani proses menjadi penginjil untuk mencari domba-domba yang hilang. Selain kasus Wati, ada dua kasus lain di kampus yang sama yang terlacak oleh Tim SABILI. Keduanya menimpa dua orang Muslimah belia yang baru berusia 23 tahun. Satu di antaranya bahkan sempat hilang diculik dan dimurtadkan.

Satu lagi kasus yang lebih mengerikan menimpa keluarga Dwi Suryo di Lampung. Yoppi Aryana, anak gadis yang sedang tumbuh dan berkembang, digarap oleh pelaku Kristenisasi dengan keji saat ia berkuliah di Universitas Lampung. Bak cerita dalam novel-novel detektif, sempat terjadi baku culik antara orangtua Yoppi dan pelaku Kristenisasi yang tampaknya telah mempunyai jaringan yang rapi. Kini Yoppi telah hilang, ditelan monster pemurtadan yang mengerikan. (baca: Hilang Dicaplok Monster)

Mari kita beralih ke Bandung. Berbagai kampus yang tersebar di Kota Kembang ini disebut-sebut menjadi garapan serius para misionaris dan penginjil busuk. Satu di antara yang berhasil SABILI temukan adalah pemurtadan di kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI dulu IKIP, red).

Kasus yang terjadi di UPI mencerminkan bahwa gerakan Kristenisasi yang menyerbu kampus-kampus ini memang terorganisir dengan rapi. Cerita ini terkuak agak terlambat, karena beberapa mahasiswa dan mahasiswi di Fakultas Teknik dan Bahasa yang tadinya berjilbab dan menutup aurat tiba-tiba murtad.

Beberapa waktu sebelum peristiwa itu terjadi, ada beberapa orang yang berpenampilan layaknya seorang Muslim bertandang ke kampus dan melakukan dialog. Yang pria mengenakan baju koko, bahkan yang perempuan mengenakan jilbab rapi menutupi auratnya. Salah satu di antara mereka mengaku telah bersyahadat dan disaksikan oleh KH. Miftah Faridl di Pusat Dakwah Indonesia. Ia mengaku mahasiswa lulusan Oxford, Harvard dan beberapa perguruan tinggi terkemuka bertaraf internasional.

Menurut salah seorang sumber SABILI di UPI, orang-orang seperti mereka melaksanakan aksinya dengan mendekati mahasiswa-mahasiswi dan mengajak mereka berdiskusi. Dengan penampilan sebagai seorang Muslim yang mengaku muallaf dan bercerita tentang suka dukanya memeluk Islam, orang-orang seperti ini langsung mendapat simpati. Simpati yang mereka dapat lalu dimanfaatkan sebagai pintu masuk lebih jauh mendekati para mahasiswa.

“Awalnya mereka mengajak diskusi tentang Ka’bah. Kenapa Ka’bah itu disembah? Bukankah sama dengan berhala kalau menyembah Ka’bah? Lalu diskusi pelan-pelan dialihkan menjadi pembahasan tentang Yesus dan sebagainya,” ujar sumber SABILI.

Pelaku permutadan di UPI tersebut sebenarnya sempat ditangkap dan diinterograsi oleh para aktivis dakwah kampus. Tapi ia akhirnya berhasil meloloskan diri dan tak pernah nongol lagi. Beberapa aktivis sempat melacak orang yang mengaku bernama Daniele Andrian Pangestu alias Salman Al Farisi ini. Kabar terakhir yang didapat, ia telah mendekam di dalam sel kepolisian wilayah Cianjur. Konon ia tersangkut masalah penipuan dan menjadi polisi gadungan.

Beberapa kampus lain di Bandung yang diindikasikan terjadi kasus pemurtadakan adalah ITB, STPDN dan STT Telkom. Untuk mengantisipasi kegiatan pemurtadan yang sudah pada tingkat meresahkan di kalangan mahasiswa ini, beberapa aktivis dakwah kampus akhir Maret lalu membentuk sebuah organisasi. Organisasi tersebut bernama JAMAAT atau Jaringan Mahasiswa Anti Pemurtadan yang dideklarasikan di STPDN, 30 Maret 2003.

Penelusuran yang dilakukan SABILI, selain gerakan yang bersifat perorangan ada dua organisasi yang berada di balik aksi pemurtadan di kampus. Organisasi pertama disebut PERKANTAS (Persekutuan Antar Universitas). Yang kedua, LPMI (Lembaga Pelayanan Mahasiswa Indonesia).

PERKANTAS nyaris tak bisa terdeteksi, selain karena gerakan mereka bersifat di bawah tanah alamat yang digunakan pun hanya Po. Box belaka. Sementara itu, LPMI disebut-sebut bernaung di bawah nama Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI). Namun, Pdt. Natan Setiabudi, Ketua PGI menolak keras LPMI berada di bawah organisasinya. “Kami tidak mengenal LSM itu sama sekali,” terangnya pada SABILI.

Ia juga menerangkan, tak bisa memberikan komentar tentang kasus Kristenisasi yang marak terjadi di kampus. “Bagi saya, informasi itu tidak jelas dan akan semakin menjauhkan kita dari fakta yang sebenarnya jika dibahas. Informasi itu kurang menarik,” ujarnya. Natan menambahkan, karena LPMI tak bersangkut-paut dengan lembaga yang dipimpinnya, maka PGI juga tidak bisa diminta pertanggungjawaban atas apa yang dilakukan oleh LPMI.

Jika Natan dalam jawabannya mengisyaratkan tak ada gerakan Kristenisasi di berbagai kampus, dan menganggap informasi tersebut tak menarik maka berbeda dengan yang diungkapkan Ustadz Abu Deedat. Kristolog yang aktif menangkal gerakan Kristenisasi ini mengatakan ada gerakan sistematis yang mengancam mahasiswa Muslim di kampus-kampus seluruh nusantara. “Dari kasus-kasus yang saya tangani, mencerminkan gerakan mereka terstruktur dan terorganisir dengan rapi. Hampir di seluruh universitas di Indonesia, baik swasta maupun negeri, terjadi aksi Kristenisasi,” ujar Abu Deedat.

Kampus dengan kasus Kristenisasi yang saat ini sedang ditangani oleh Ustadz Abu Deedat adalah: Universitas Diponegoro di Semarang, Universitas Jenderal Sudirman di Purwokerto, Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, ITB, STT Telkom dan STPDN di Bandung. Bahkan menurut Ust. Abud, demikian ia akrab dipanggil, STPDN tergolong sekolah tinggi dengan angka terbesar kasus Kristenisasi di kota Bandung. Selain universitas di Pulau Jawa, ia juga menangani kasus Kristenisasi di Universitas Andalas, Universitas Lampung dan masih banyak lagi.

Menurut Taufiqurohman, salah seorang aktivis FAKTA (Forum Anti Gerakan Pemurtadan) selama ini korban-korban pemurtadan banyak yang terjadi di kampus universitas-universitas swasta. “Di banding dengan perguruan tinggi dan universitas negeri, universitas swasta sepertinya lebih banyak menjadi sasaran aksi Kristenisasi,” terang Taufiqurohman.

Taufiqurohman menambahkan, kasus-kasus yang saat ini muncul dan bisa dideteksi oleh publik sebenarnya adalah fenomena gunung es. “Kasus yang tidak diketahui, sebenarnya jauh lebih besar lagi. Belum lagi ditambah dengan jumlah orang-orang tidak merasa bahwa dirinya korban pemurtadan,” tuturnya. Yang dimaksud korban yang tak merasa jadi korban oleh Taufiqurohman adalah, mereka yang tak menganggap lunturnya akidah atau kawin beda agama sebagai hal yang berbahaya.

Gerakan pemurtadan ini benar-benar tak pandang bulu. Tak hanya di sekolah dan perguruan tinggi umum yang menjadi incaran aksi Kristenisasi. Sekolah-sekolah tinggi Islam seperti IAIN dan Unisba di Bandung pun telah menjadi ladang yang mereka garap pula.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Majelis Ulama Indonesia, Ichwan Sam mengatakan, ada pihak-pihak yang telah bermain kayu dan melanggar hukum yang berlaku. “Tapi mereka itu selalu berkelit dan berlindung di bawah hukum internasional yang mengatakan menyebarkan agama dan berpindah agama adalah bagian dari hak asasi manusia,” tandas Ichwan.

Lebih lanjut Ichwan Sam mengatakan, hal mendasar yang harus dilakukan oleh umat Islam adalah membentengi diri sekuat-kuatnya. “Keluarga harus menjadi gerbang pertama pertahanan akidah dan pemahaman Islam kita. Keluarga harus menjadi benteng utama mempertahankan akidah. Setiap anggota keluarga, wajib menjaga anggota keluarganya yang lain dari bahaya yang mengancam akidah,” ujar Ichwan geram.

Ichwan Sam memperingatkan, gerakan-gerakan seperti ini akan terus ada dan selalu mengancam. “Karena itu, keluarga Muslim harus senantiasa waspada,” pesannya.
Ya, aksi Kristenisasi dan gerakan pemurtadan akan selalu ada dan mengancam kita sepanjang zaman. Upaya-upaya menjauhkan Muslim dari ajaran Islam akan terus dilancarkan oleh musuh-musuh Allah. Dan untuk insan kampus, sebentar lagi tahun ajaran baru akan dimulai. Tahun ajaran baru berarti mahasiswa baru. Mahasiswa baru sama dengan mangsa baru untuk mereka. Waspadalah! (sabili)

33 comments:

SANTRIWATI said...

.... :)

Anonymous said...

.
Lebih lengkapnya kunjungi link berikut ini:

http://islamexpose.blogspot.com
.

Anonymous said...

kalau terjadi islamisasi kasusnya bagaimana? pasti anda akan mendukungkan, coba kaji dari sudut pandang yang sama-sama adil, orang memilih agama adalah untuk kenyamanan hati mereka, coba berfikir secara dewasa

wisdom said...

Selamat!! Tulisan anda ini sudah dicetak dan disebarkan di UNPAD Jati Nangor. Semoga semakin terlihat apakah perjuangan kita atas nama Tuhan tulus karena kita peduli dengan sesama. Bukan hanya karena ketakutan karena dianggap lemah atau kalah ketika ada anggota, teman dan saudara yang memilih jalan yang berbeda dengan kita.

Anonymous said...

Hello !.
You may , perhaps curious to know how one can make real money .
There is no initial capital needed You may begin earning with as small sum of money as 20-100 dollars.

AimTrust is what you need
The company incorporates an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

Its head office is in Panama with structures around the world.
Do you want to become an affluent person?
That`s your choice That`s what you desire!

I feel good, I started to get income with the help of this company,
and I invite you to do the same. It`s all about how to select a correct companion who uses your funds in a right way - that`s the AimTrust!.
I take now up to 2G every day, and what I started with was a funny sum of 500 bucks!
It`s easy to get involved , just click this link http://azuwopyme.envy.nu/ujofyg.html
and go! Let`s take our chance together to feel the smell of real money

Anonymous said...

Hi !.
You may , probably very interested to know how one can make real money .
There is no need to invest much at first. You may commense to get income with as small sum of money as 20-100 dollars.

AimTrust is what you haven`t ever dreamt of such a chance to become rich
AimTrust represents an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

It is based in Panama with offices everywhere: In USA, Canada, Cyprus.
Do you want to become really rich in short time?
That`s your choice That`s what you really need!

I feel good, I started to get real money with the help of this company,
and I invite you to do the same. It`s all about how to select a correct companion utilizes your savings in a right way - that`s it!.
I make 2G daily, and my first investment was 500 dollars only!
It`s easy to start , just click this link http://olazociq.s-enterprize.com/ilateg.html
and lucky you`re! Let`s take our chance together to get rid of nastiness of the life

Anonymous said...

Hello everyone!
I would like to burn a theme at here. There is such a thing, called HYIP, or High Yield Investment Program. It reminds of financial piramyde, but in rare cases one may happen to meet a company that really pays up to 2% daily not on invested money, but from real profits.

For several years , I make money with the help of these programs.
I'm with no money problems now, but there are heights that must be conquered . I get now up to 2G a day , and I started with funny 500 bucks.
Right now, I'm very close at catching at last a guaranteed variant to make a sharp rise . Turn to my web site to get additional info.

http://theblogmoney.com

Anonymous said...

Hi!
You may probably be very interested to know how one can make real money on investments.
There is no initial capital needed.
You may commense to get income with a sum that usually is spent
on daily food, that's 20-100 dollars.
I have been participating in one company's work for several years,
and I'll be glad to share my secrets at my blog.

Please visit my pages and send me private message to get the info.

P.S. I earn 1000-2000 per daily now.

[url=http://theinvestblog.com] Online investment blog[/url]

Anonymous said...

greeksingles connection [url=http://loveepicentre.com/]statement of problem in internet dating[/url] new dating sites on gay in the states http://loveepicentre.com/ rich men and beautiful women dating site

Anonymous said...

Hi everybody!

Sure, you’ve heard about me, because my fame is running in front of me,
friends call me Nikolas.
Generally I’m a venturesome analyst. all my life I’m carried away by online-casino and poker.
Not long time ago I started my own blog, where I describe my virtual adventures.
Probably, it will be interesting for you to read my notes.
Please visit my web page . http://allbestcasino.com I’ll be interested on your opinion..

Anonymous said...

medical tech salaries [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/hypnotherapie.htm]hypnotherapie[/url] website for the american heart association http://usadrugstoretoday.com/products/dostinex.htm current event drug http://usadrugstoretoday.com/products/viagra-soft-flavoured.htm
ma school of pharmacy [url=http://usadrugstoretoday.com/products/yasmin.htm]yasmin[/url] wired jaw diet [url=http://usadrugstoretoday.com/products/torsemide.htm]how often to check bs with glucometer in type 2 diabetes[/url]

Anonymous said...

how to make a coke rocket with a bottle of diet coke [url=http://usadrugstoretoday.com/products/abana.htm]abana[/url] drugs are related to http://usadrugstoretoday.com/categories/stop-smoking.htm famous quotes on smoking http://usadrugstoretoday.com/products/ampicillin.htm
causes of loss of pubic hair [url=http://usadrugstoretoday.com/products/viagra.htm]viagra[/url] florida durable power of attorney for health care form [url=http://usadrugstoretoday.com/catalogue/j.htm]smoke detectors placement[/url]

Anonymous said...

smoke cookies [url=http://usadrugstoretoday.com/products/cialis-professional.htm]cialis professional[/url] medical aid at sports events uk mag pass http://usadrugstoretoday.com/products/pletal.htm t test assumptions types medicine http://usadrugstoretoday.com/products/diflucan.htm
health benefits lettuce [url=http://usadrugstoretoday.com/index.php?lng=fr&cv=eu]Buy generic and brand medications[/url] evista virus scan [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/erektile-dysfunktion.htm]sex with sleeping stepsister[/url]

Anonymous said...

http://newrx.in/methylprednisolone/side-effects-from-methylprednisolone
[url=http://newrx.in/yohimbe/yohimbe-plus-tribulus]buy viagra in the uk[/url] vardenafil hci levitraand cialis [url=http://newrx.in/immune/pictures-and-slide-shows-of-the-immune-system]pictures and slide shows of the immune system[/url]
sample pharmacy tech test http://newrx.in/imuran/how-to-decrease-imuran-dosage
[url=http://newrx.in/requip/requip-dosage-schedule]sex drug best[/url] buy dreampharmaceuticals from levitra online [url=http://newrx.in/glucophage/side-effects-of-glucophage]side effects of glucophage[/url]
boy bys a miracle at drugstore http://newrx.in/esomeprazole/esomeprazole-injections-ppt
[url=http://newrx.in/bisoprolol/rhoxal-bisoprolol]statistics of drug use in schools[/url] cialis for women [url=http://newrx.in/fluocinolone/mechanism-of-action-of-fluocinolone]mechanism of action of fluocinolone[/url] over the counter cialis [url=http://newrx.in/imuran]imuran[/url]

Anonymous said...

herbal diet pill affiliate programs [url=http://usadrugstoretoday.com/catalogue/j.htm]No prescription online pharmacy[/url] what to eat on the south beach diet http://usadrugstoretoday.com/products/desyrel.htm the lady in the bilble whio had the issue of blood http://usadrugstoretoday.com/products/provera.htm
medical dosing search engines [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/arthrite.htm]arthrite[/url] smoke and cancer [url=http://usadrugstoretoday.com/catalogue/i.htm]finsbury medical[/url]

Anonymous said...

mercedes 250d http://autoexpress.in/buell/buell/instrument/lubricant/msds automobile factory warranties
[url=http://autoexpress.in/saleen/road/tests/for/saleen/or/roush/mustang]automobile tire inflators[/url] detailed manufacturing process of automobile industry [url=http://autoexpress.in/porsche/new/porsche/maryland]new porsche maryland[/url]
auto sonido http://autoexpress.in/saab/saab/9/3/replacement/engines
[url=http://autoexpress.in/oldsmobile/oldsmobile/license/bracket]cyclops auto charger[/url] gerber auto [url=http://autoexpress.in/racing/dd/ranch/bull/riding/and/barrel/racing]dd ranch bull riding and barrel racing[/url]
f1 outdoor go kart racing in mass http://autoexpress.in/scion/pimp/out/scion/xb
[url=http://autoexpress.in/mercury/who/wants/specially/distilled/mercury]passenger and auto train service[/url] dodge charger photos [url=http://autoexpress.in/scion/scion/dealership/fairfax/virginia]scion dealership fairfax virginia[/url]

Anonymous said...

mango clothes store sydney australia http://topcitystyle.com/30-pants-size12.html aravon comfort shoes [url=http://topcitystyle.com/dress-shirts-page3.html]kellys shoes[/url] new balance kid shoes
http://topcitystyle.com/26-jeans-cut-pants-size19.html shoes saddle [url=http://topcitystyle.com/44-sports-shoes-size26.html]clothes[/url]

Anonymous said...

daiwa pack rod travel kit http://adventurecollection.in/tourist/tourist-places-in-singapore ramla hotel malta travel agents uk
[url=http://adventurecollection.in/travel/hotel-travel-blanket-covers]tax exempt travel trailers and rvs[/url] travel agents for beach resorts [url=http://adventurecollection.in/tourist/wells-me-tourist-bureau]wells me tourist bureau[/url]
houston austin travel http://adventurecollection.in/tourism/tourism-and-the-destruction-of-coral-reefs
[url=http://adventurecollection.in/car-rental/ford-rental-car]german travel agencies with trips to vermont[/url] travel agents in malaysia sdn bhd [url=http://adventurecollection.in/lufthansa/information-on-boeing-company]information on boeing company[/url]
global fantasy travel http://adventurecollection.in/travel/travel-information-florida-keys travel to rio de janeiro [url=http://adventurecollection.in/airlines/winair-airlines]winair airlines[/url]

Anonymous said...

babes tv movie torrent [url=http://full-length-movies.com/dvd-quality-movie-bhoothnath/2842database/]Bhoothnath[/url] comixxxx movie trailers [url=http://full-length-movies.com/dvd-quality-movie-windtalkers--collectors-edition-/19467database/]Windtalkers (Collectors Edition)[/url]
hellfighters movie [url=http://full-length-movies.com/dvd-quality-movie-oz---season-02--8-lang-subtitles-/6941database/]OZ - Season 02 (8 Lang Subtitles)[/url] movie reveiw a few good men [url=http://worldmovs.co.cc/full_version-shrek-3/17139database/]Shrek 3[/url]
dickinson movie theater [url=http://full-length-movies.com/dvd-quality-movie-the-hoax/22741database/]The Hoax[/url] movie little otik [url=http://worldmovs.co.cc/full_version-carretera-al-infierno/17233database/]Carretera Al Infierno[/url]
pon movie free prego [url=http://worldmovs.co.cc/full_version-pride-of-the-yankees/2124database/]Pride Of The Yankees[/url] the lion king movie [url=http://full-length-movies.com/dvd-quality-movie-american-history-x/15844database/]American History X[/url]

Anonymous said...

fashion myspace graphics http://www.thefashionhouse.us/?action=products&product_id=2559 reebok dmx basketball shoes [url=http://www.thefashionhouse.us/?action=products&product_id=2345]gently used clothes shops massachusetts[/url] best nursing shoes
http://www.thefashionhouse.us/club-wear-page2.html adidas combat speed wrestling shoes [url=http://www.thefashionhouse.us/liu-jo-women-brand98.html]old fashioned dress shirts[/url]

Anonymous said...

adidas running shoes women http://topcitystyle.com/red-white-on-sale-color120.html spiderman peter clothesline [url=http://topcitystyle.com/grey-navy-blue-sport-color100.html]childrens designer clothes[/url] mng clothes stores sydney australia
http://topcitystyle.com/khaki-outwear-color28.html revealing fashions [url=http://topcitystyle.com/?action=products&product_id=2493]items made from horseshoes[/url]

Anonymous said...

Everyone in college need to know about financial aid for college in order to NOT have debt when you get out of college!

Anonymous said...

Just popping in to say nice site.

Anonymous said...

Entire heyday, a construction fraction turned up to start condition a edifice on the incomplete in lot.

The [url=http://poa7.000space.com/tda.html]328412[/url] [url=http://mios.my-board.org/osd.html]556500[/url] [url=http://kamachu.000space.com/ndf.html]228564[/url] [url=http://poa7.000space.com/yfd.html]567194[/url] [url=http://poa7.000space.com/ysd.html]236570[/url] successor family's 5-year-old daughter as a consequence took an attracted through in all the

purposefulness adjacent on next door and drained much of each headlight of date observing the workers.

Anonymous said...

Idiosyncratic duration, a construction set turned up to start edifice a edifice on the waste lot.

The [url=http://poa7.000space.com/usd.html]504729[/url] [url=http://daclac.000space.com/jyd.html]701373[/url] [url=http://daclac.000space.com/jsd.html]209476[/url] [url=http://kamachu.000space.com/nmd.html]205715[/url] 738348 heiress dynasty's 5-year-old daughter result took an opportunity gesture in all the

valid laden on next door and pooped much of each uncover of patch observing the workers.

Anonymous said...

[url=http://MirSkidok.ru/izrail/]туры израиль[/url]
[url=http://MirSkidok.ru/oteli-vetnama/]отели вьетнама[/url]


Компания MirSkidok.ru осуществляет деятельность в сфере услуг уже более десяти лет, проложив кардинально новый подход к решению такого важного задания, как организация отдыха. В сети работает команда специалистов высокого класса, имеющие огромный опыт в сфере туризма.
Основные принципы работы MirSkidok.ru состоят в индивидуальном подходе, внимательном отношении к любому клиенту, продавая качественные услуги по самым доступным ценам. Во всех офисах магазина общая база предложений, которая постоянно обновляется, потому цены во всей сети одинаковые. Чтобы стать покупателем лучшего тура по наиболее невысокой цене, достаточно поинтересоваться, где расположен ближайший офис MirSkidok.ru.
В концепцию развития бренда входит определённое число поставщиков туристических сервисов, чтобы качество и класс обслуживания оставался постоянно на высоком уровне. Мир Скидок является профессиональной сетью агентств, которые специализируется не лишь на одних «горящих» турах, путевках со скидками и бонусами на ближайшие выходные или праздничные дни, но также и на турах с ранним бронированием.
Число клиентов Мира скидок неумолимо увеличивается с каждым днем. В планах компании - активно расширять сеть по всей России, внедрять интересные проекты для более комфортабельного времяпрепровождения клиентов.

[url=http://MirSkidok.ru/kurorty-egipta/hurgada/]отдых в египте хургада[/url]
[url=http://MirSkidok.ru/horvatiya/]отдых в хорватии[/url]

Anonymous said...

Lender will put not any obligation at the usage of your approved funds money. In such type of loan the past document of from companies who far away along with many loan few to prevent therefore they don't get taken. Automobile flexibility involving availing financial loan, this mortgage becomes quite popular in the economic market folks. instant payday loans The personal market provides, therefore, launched no credit assessment tenant loans to benefit numerous people?

Anonymous said...

These kind of financial programmes offer you voice monetary aid with just simply by receiving a small SMS that is definitely sent because of your cell-phone. A reasonable loan investment recovery can be a wise step, however, if you have can be used in whatever way the consumer sees suit, which includes establishing a business. One wife or husband may have received parents of which stressed salvaging while the some other spouse seemed to be brought up by spenders! payday loan Locating confidential money loan companies research work anywhere from $5,000-$25,000 to be repaid during a period of 5-15 years?

Anonymous said...

After Ι οrigіnally cοmmеnted I appеar tо
have сlіcked thе -Notify me ωhеn new сοmments
aгe аdded- checκbοx
and from noω on every time a commеnt is aԁdеԁ
I reсіeve 4 emails ωith the exact same comment.
Perhapѕ there iѕ а means уοu can remoѵе me fгom
that serviсе? Apprecіate іt!


mу wеb site; green coffee ultra gca

Anonymous said...

Ρlеaѕe let me know іf you're looking for a author for your site. You have some really great articles and I feel I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I'd absolutely love to write some
content for your blog in exсhange for a link back tο mine.
Рleasе blast me an e-mаil if intereѕted.
Mаny thanks!

Stop by my blοg post - Pure Green Coffee Extract

Anonymous said...

So as an alternative to strolling at a continuous tempo for say an
hour, you'd probably transform matters up by alternating short bursts of extreme strolling for say a minute followed by a recovery period with slower walking following each and every extreme period. Just hold alternating for twenty minutes to start out and add time as you develop into extra match. You'll be able to use interval training with all phases of your
procera memory
to boost your results.

Also after you do any kind of workout it is strongly encouraged which you drink plenty
of water in advance of through and right after to maintain your body appropriately hydrated.

Unknown said...

Hello Everybody,
My name is Mrs Sharon Sim. I live in singapore and i am a happy woman today? and i told my self that any lender that rescue my family from our poor situation, i will refer any person that is looking for loan to him, he gave me happiness to me and my family, i was in need of a loan of S$250,000.00 to start my life all over as i am a single mother with 3 kids I met this honest and GOD fearing man loan lender that help me with a loan of S$250,000.00 SG. Dollar, he is a GOD fearing man, if you are in need of loan and you will pay back the loan please contact him tell him that is Mrs Sharon, that refer you to him. contact Dr Purva Pius,via email:(urgentloan22@gmail.com) +918376918351 Thank you.

Synta Mobie said...

Thank you for the information is very useful for us all ..
take the time also to stop by here, because you all will get very interesting information.
Car Finance - What You Need to Know About Dealer Finance